Tarombo Silalahi


MENYIKAPI KESALAHAN TAROMBO RAJABUNGABUNGA(SILALAHI PARMAHAN, di Balige) VERSI SIHALOHO (YANG DISUSUN TAHUN 1968)

KESALAHAN yang dimaksudkan disini adalah adanya ketidak-sinkronan antara ; NAMA TOKOH, SETTING/GENERASI (TEMPAT DAN WAKTU).

Kenapa dikatakan cacat TAROMBO VERSI SIHALOHO CS (TAHUN 1968) ?, karena tarombo (silsilah serta riwayat) ini disusun oleh kelompok marga SIHALOHO pada tahun 1968. Tarombo ini didoktrin sejak tahun 1968, di media, di monumen (Tugu) bahkan sampai disebarkan ke perantauan. Dan tahun 1968 itu menjadi momentum perpecahan di tubuh keturunan SILAHISABUNGAN. Apa saja bentuk perpecahan itu ?

1. Adanya usaha sistematis untuk menghilangkan SILALAHI RAJA (marga SILALAHI) sebagai anak SILAHISABUNGAN (anak panggoaran)

2. Adanya usaha sistematis menghancurkan silsilah marga SILALAHI dengan mempengaruhi SILALAHI RAJA BUNGABUNGA (anak ke-3 SILALAHI RAJA yang tinggal di Balige)

3. Adanya usaha sistematis menghancurkan riwayat dan silsilah RAJA TAMBUN dengan membelokkan keturunan TAMBUN SARIBU (DOLOKSARIBU, NADAPDAP, SINURAT) menjadi keturunan RUMASONDI.

Mari kita lihat KISAH SILALAHI RAJA BUNGABUNGA(SILALAHI RAJA PARMAHAN) menurut TAROMBO 1968 (SIHALOHO Cs) :

Dalam kisahnya dikatakan bahwa yang diculik oleh Tuan SIhubil (ayahnya Tampubolon) adalah :

1. TOGU RAJA SIHALOHO, diceritakan bahwa Ia berhasil kabur saat diculik

2. BURSOK SIDEBANG, diceritakan bahwa Ia berhasil kabur saat diculik

3. RAJA BUNGABUNGA SONDIRAJA, berhasil dibawa ke Balige, dan dikatakan marga Sihaloho bahwa inilah cikal bakal marga Silalahi, kita tau ini kurang masuk akal, nanti akan kita bahas.

sekarang mari kita lihat Tarombo Resmi dari Punguan SIHALOHO RAJA :

LOHO RAJA, memiliki anak 2 ;

1. Borno Raja

2. Napuran Raja

III.(a) BORNO RAJA

1. Raja Dapotan

2. Raja Pande Bulan

3. Raja Gunggungan

III.(b) Puran Raja

1. Raja Hot

2. Anggi Raja

IV. Raja Dapotan

1. Bonar Raja

2. Baba Raja

3. Homba Raja

4. Tugan Raja

5. Boru (?)

V. Baba Raja

1. Sinaborno

2. Sinapuran

3. Sinapitu

VI.(a) Sinaborno

1. Oppu Junjungan Tua (Parlombu)

2. Oppu Sodungdungan (Parhambing)

PERTANYAAN KRITIS : Dimanakah ada nama TOGU RAJA SIHALOHO di dalam TAROMBO SIHALOHO diatas ?? tidak ada kan ? jadi siapakah TOGU RAJA SIHALOHO ini yang dikatakan diculik oleh TUAN SIHUBIL, apakah TUAN SIHUBIL menculik hantu ?

Sekarang mari kita lihat TAROMBO RESMI MARGA SIDEBANG :

DEBANG RAJA, memiliki 3 anak :

1. ARI

2. TAON

3. SIDUNG

PERTANYAAN KRITIS : manakah diantara anaknya itu yang bernama BURSOK SIDEBANG ? tidak ada kan ? apakah dia hantu ?

Sekarang mari kita lihat generasi keberapakah RAJA BUNGABUNGA SONDIRAJA menurut versi tarombo manipulasi 1968.

(1)SORBADIBANUA > (2)SILAHISABUNGAN > (3)SONDIRAJA > (4)RUMASONDI > (5)RAJA BUNGABUNGA , dapat dilihat bahwa RAJA BUNGABUNGA adalah generasi ke-5 setelah SORBADIBANUA.

Lalu mari kita lihat TAROMBO TAMPUBOLON

(1)SORBADIBANUA > (2)SIBAGOT NIPOHAN >(3)TUAN SIHUBIL >(4) TAMPUBOLON

Kita sepakat bahwa TAMPUBOLON dan SILALAHI adalah PADAN HAHA-ANGGI, karena dipadankan oleh TUAN SIHUBIL. PERTANYAAN KRITIS : “APAKAH MUNGKIN GENERASI KE-5 DIPADANKAN DENGAN GENERASI KE-4 ? ini jelas tidak mungkin, karena TUAN SIHUBIL pasti tau adat.

LALU, MUNCUL PERTANYAAN “KALAU BENAR SEMUA ITU ADALAH MANIPULASI 1968, LALU MANA TAROMBO YANG LEBIH MASUK AKAL ?? KITA TIDAK MENGATAKAN DISINI MANA YANG BENAR MANA YANG SALAH, NAMUN YANG JADI PERTIMABANGAN KITA ADALAH “LEBIH MASUK AKAL”.

MARI KITA LIHAT TAROMBO SILALAHI RAJA (MARGA SILALAHI) BERIKUT INI :

Yang diculik oleh TUAN SIHUBIL adalah :

SILAHISABUNGAN memiliki anak dari istrinya yang di TOLPING, SAMOSIR, anaknya ada 1, yaitu SILALAHI RAJA, lalu SILALAHI RAJA ini memiliki 3 anak :

1. RAJA TOLPING SILALAHI

2. BURSOK RAJA SILALAHI

3. RAJA BUNGABUNGA SILALAHI

Mereka bertiga diculik dari pinggir Tao Tolping oleh Tuan Sihubil namun RAJA TOLPING SILALAHI dan BURSOK RAJA SILALAHI berhasil meloloskan diri.

Jadi jika kita hitung dari SORBADIBANUA, silsilah RAJA BUNGABUNGA SILALAHI adalah sebagai berikut :

(1)SORBADIBANUA > (2)SILAHISABUNGAN >(3) SILALAHI RAJA > (4) RAJA BUNGABUNGA SILALAHI

Lalu, lihat Tarombo TAMPUBOLON yang telah ditulis diatas :

(1)SORBADIBANUA > (2)SIBAGOT NIPOHAN >(3)TUAN SIHUBIL >(4) TAMPUBOLON

Tampak dari sini bahwa Generasi ke-4 wajar saja dipadankan menjadi HAHA-ANGGI dengan Generasi ke-4. Adakah yang janggal ? tentu tidak. Jikalaupun ada manusia yang tetap tidak menerima akal sehat ini berarti dia telah mengingkari akal sehat, mungkin dikarenakan doktrin Oppungnya ditahun 1968 untuk memusuhi marga SILALAHI (SILALAHI RAJA) dan banyak motif lain.

Singkat kata “MARILAH KITA BERPIKIR SEHAT, JERNIH dan BERANI MEROBAH SUDUT PANDANG DARI LAWAN BICARA WALAU HANYA SEJENAK, JANGAN SEPERTI KACAMATA KUDA”.

Maukah saudara-saudara tetap menjadi pengagum TAROMBO SILAHISABUNGAN versi SIHALOHO yang sudah jelas banyak kesalahan dalam ; NAMA TOKOH, SETTING/GENERASI (TEMPAT DAN WAKTU), dsb. Mau ?

Tambahan:

Nama siapakah yg dipakai keturunannya sebagai marga Silalahi ????1.nama Silahisabungan ?
2.nama anaknya ?
3.nama cucunya ?
…4.nama cicitnya ?

kalau jawabannya no 1….nama Silahisabungan dipakai sebagai marga Silalahi >>>> kenapa keturunan Raja Tambun tidak memakai marga Silalahi?>>>>> jelas jawaban ini salah…..jadi Silahsabungan tidak sama dgn Silalahi….dan anggidoli Raja Tambun menyatakan bahwa Silalahi adalah hahadolinya bukan bapaknya……bapak Raja Tambun adalah Silahisabungan

kalau jawabannya no2….maka anaknya yg mana?
versi 7T….anak Silahisabungan ada 8…tidak ada anak Silahisabungan yg bernama Silalahi….jd dapat dari mana marga Silalahi yg dipakai 7T sementara Raja Tambun menyatakan menyatakan Silalahi adalah hahadolinya>>>>>jelas versi ini salah…..kalau ada yg kembali menyatakan Silalahinya dari Silahisabungan>>>>maka kembali ke evaluasi jawaban no 1…..>>>> jadi tetap salah…..

versi Silalahi (Raja)…..bahwa anak Silahisabungan ada 9….salah satunya Silalahi Raja…..dan dari namanya keturunannya memakai marga Silalahi……dan bila dihubungkan dgn kalimat “hahadoli Silalahi anggidoli Raja Tambun” >>>> pas karena mereka 1 level generasi…..sama2 anak Silahisabungan….>>>>sehingga sangat aneh kalo 7T mengaku marganya Silalahi karena 7T bukanlah turunan dari Silalahi Raja….

kalau jawabannya no 3…cucunya yg mana ? ada yg menyatakan Raja Parmahan Silalahi (versi tumaras)…..dari mana Raja Parmahan versi tumaras sementara tidak ada leluhurnya yg bernama Silalahi…..juga sangat aneh “bptuanya & bpudanya (7T)” memakai marga Silalahi dari “anaknya” si Raja Parmahan sementara bpudanya Raja Tambun tdk memakai Silalahi…..pdhal dari garis silsilah jaraknya sama dgn bptua & bpudanya yg dari 7T……..juga tidak pas dgn kalimat hahadoli Silalahi anggidoli si Raja Tambun……koq Raja Tambun memanggil hahadoli kepada anaknya…..>>>>> jadi jawaban ini salah…..

kalau jawaban no 4…..cicitnya yg mana ? ada yg menyatakan Raja Parmahan Silalahi (versi tugu Raja parmahan Balige)…..dari mana Raja Parmahan versi tumaras sementara tidak ada leluhurnya yg bernama Silalahi…..juga sangat aneh “oppung2nya (7T)” memakai marga Silalahi dari “pahoppunya” si Raja Parmahan sementara oppungnya Raja Tambun tdk memakai Silalahi…..pdhal dari garis silsilah jaraknya sama dgn oppung2nya yg dari 7T……..juga tidak pas dgn kalimat hahadoli Silalahi anggidoli si Raja Tambun……koq Raja Tambun memanggil hahadoli kepada pahoppunya…..>>>>> jadi jawaban ini salah…..

Jadi yang benar nama yang dipakai keturunannya sebagai marga Silalahi adalah nama anak Silahisabungan yang bernama Silalahi Raja.

“Jadi bila ada 7T / 7 Turpuk (yang turunannya bermarga Sihaloho, Situngkir, Sipakkar, Sondi Raja, Rumasondi, Rumasingap, Sinabutar/Sidabutar, Sinabariba/Sidabariba, Sinabang/Sidebang, Pintu Batu, Sigiro)….yang menyatakan marganya Silalahi….>>> Silalahi Sihaloho, Silalahi Situngkir, Silalahi Sipakkar, Silalahi Sondi Raja, Silalahi Rumasondi, Silalahi Rumasingap, Silalahi Sinabutar/Sidabutar, Silalahi Sinabariba/Sidabariba, Silalahi Sinabang/Sidebang, Silalahi Pintu Batu, Silalahi Sigiro, ini semua adalah Silalahi palsu.

Satu Balasan ke Tarombo Silalahi

  1. setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu...........pas mai ........ berkata:

    emang bner bgt tu bapa tua…….
    aq pomparan ni bursok raja silalahi,na mangaratto sahat tu barus……….
    lanjutkan paktua……………..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s